Sumber Informasi Akurat

Membahas informasi sektor bisnis, ekonomi dan umum

Hubungan Sakit Perut Sebelah Kanan dan Usus Buntu

Pernahkah kamu merasakan sakit perut sebelah kanan yang terus menerus dan kok rasanya makin lama makin sakit?

Sakit Perut Sebelah Kanan
Sakit Perut Sebelah Kanan
Hati-hati! Jangan-jangan yang kamu alami adalah radang usus buntu.. Bila kamu mengalami sakit perut sebelah kanan bawah yang terus-menerus, kemungkinan yang kamu alami adalah radang usus buntu.

Yuk kenali lebih jauh penyebab, gejala, dan penanganan, dan cara pencegahannya. 

Penyebab radang usus buntu

Usus buntu adalah sebuah kantong kecil berbentuk seperti tabung yang menempel pada usus besar kita.

Radang usus buntu terjadi ketika usus buntu tersumbat oleh tumpukan kotoran karena sering susah buang air besar, infeksi cacing pada usus, atau karena tumor.

Ketika usus buntu tersumbat, bakteri dapat berkembangbiak disitu sampai akhirnya terjadi peradangan yang menyebabkan pembengkakan dan timbulnya nanah pada usus buntu. 

Sakit perut sebelah kanan = gejala radang usus buntu?

Gejala radang usus buntu yang awal-awal muncul adalah rasa nyeri sekitar pusar yang lama-lama menyebar ke perut kanan sebelah bawah.

Rasa nyeri semakin berat bila kamu batuk, berjalan atau bila melakukan gerakan yang heboh. 

Selain itu, kamu dapat mengalami mual dan muntah, rasa kembung, penurunan nafsu makan, diare atau susah buang air besar, dan demam.

Penanganan radang usus buntu

Walaupun kadang obat nyeri dapat mengurangi rasa nyeri pada radang usus buntu, kamu tetap harus segera ke dokter untuk segera mendapat penanganan yang tepat dan menghindari terjadinya komplikasi serius.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang untuk memastikan yang dialami apakah benar radang usus buntu.

Bila dari semua pemeriksaan diagnosis radang usus buntu sudah tegak, maka mau tidak mau penanganannya adalah operasi. Tetapi tenang, teknik operasi yang dilakukan tidak semenakutkan yang dibayangkan.

Sekarang dokter bedah sudah memakai teknik laparaskopi untuk mengangkat usus buntu yang meradang tersebut. Dengan teknik ini, dokter hanya membuat lubang kecil pada perut dan penyembuhannya pun cepat.

Bagaimana mencegah radang usus buntu?

Walaupun ada teknik laparoskopi ini, mendengar kata operasi saja tetap membuat bergidik bukan? Karena itu lebih baik mencegah daripada mengobati.

Kamu dapat mencegah radang usus buntu dengan pola makan sehat terutama dengan mengkonsumsi  banyak serat seperti sayur dan buah.

Memang dimana-dimana lebih baik mencegah daripada mengobati ya!
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Hubungan Sakit Perut Sebelah Kanan dan Usus Buntu"