Sumber Informasi Akurat

Membahas informasi sektor bisnis, ekonomi dan umum

Penyakit Pada Kuku Bisa Dideteksi dengan Cara Ini

Perubahan warna dan penyakit pada kuku bisa jadi merupakan tanda adanya penyakit lain. Warna normal kuku pada umumnya adalah merah muda dengan adanya bentuk bulan separuh berwarna putih pada pangkal kuku.

Penyakit pada Kuku
Penyakit pada Kuku
Namun, kondisi ini dapat berubah bila Anda menderita beberapa penyakit tertentu. Oleh karena ini, memperhatikan kondisi kuku Anda dapat membuat Anda lebih peka terhadap perubahan yang terjadi pada diri Anda.

Perkumpulan dokter spesialis kulit di Amerika memberikan daftar perubahan warna pada kuku disertai dengan kondisi penyakit yang mungkin menandakan penyakit tertentu pada seseorang.

1. Kuku kebiruan
Kondisi kuku kebiruan biasanya menandakan kurangnya oksigen pada aliran darah Anda. Penyakit jantung, paru, dan pembuluh darah dapat menyebabkan kondisi ini.

2. Kuku putih
Kuku yang putih bisa menandakan adanya gangguan pada hati atau penyakit kencing manis (diabetes) pada diri Anda. Biasanya, pada gangguan hati, tepi kuku berwarna gelap dan warna kulit menjadi kekuningan.

3. Kuku pucat
Warna kuku yang pucat seringkali menandakan kondisi anemia, di mana terjadi kekurangan sel darah merah pada diri Anda. Kondisi malnutrisi, gangguan jantung, dan hati juga bisa membuat kuku pucat.

4. Kuku separuh merah muda, serparuh putih
Warna kuku seperti ini dapat menandakan Anda memiliki gangguan ginjal

5. Kuku kuning
Kuku kuning biasanya menandakan adanya infeksi di daerah kuku Anda. Selain itu, penyakit pada paru juga bisa menyebabkan perubahan warna ini.

6. Bagian bulan separuh yang kemerahan
Kondisi seperti penyakit lupus, jantung, kebotakan, dan peradangan sendi dapat membuat perubahan warna bagian bulan separuh pada kuku menjadi kemerahan.

7. Bagian bulan separuh kebiruan
Bagian bulan separuh yang kebiruan biasanya menandakan seseorang sedang mengalami keracunan.
Tentu perubahan warna atau kondisi pada kuku Anda tidak selalu menandakan Anda menderita suatu penyakit. Namun, tidak ada salahnya memperhatikan keadaan kuku Anda setiap hari. Perubahan warna pada kuku ternyata dapat menandakan adanya perubahan pada tubuh Anda.

Semakin cepat diketahui, semakin baik untuk Anda ke depannya.

Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Penyakit Pada Kuku Bisa Dideteksi dengan Cara Ini"